Karir Idaman

Guru (atau manusia dewasa): “Anak-anak kalau sudah besar mau jadi apa?”
Anak : “Dokter!!! (tanda serunya tiga)”

Saya termasuk sebagian besar anak Indonesia yang selalau menjawab “Dokter!!!” setiap saat ditanya seputar cita-cita. Seingat saya, umur segitu (6-10 tahun) sama sekali tidak terpikirkan mau jadi apa nantinya. Jawaban dokter pun yang selalu saya ucapkan dengan lantang tentu saja tidak datang dari saya, melainkan dari orang tua yang sangat jelas sekali terlihat menginginkan anaknya menjadi seorang dokter.

Pendapat saya pribadi (setelah dewasa), pertanyaan seperti itu sangat tidak pantas ditanyakan kepada anak kecil usia SD (6-10 tahun), apalagi TK.  Kenapa? Pertanyaan itu salah alamat, kalau mau tanya, tanya langsung saja ke orang tuanya. Kalau sering ditanyakan malah kita (yang dewasa) mengajarkan anak untuk berbohong, mengajarkan mereka untuk menjawab dengan jawaban dari pikiran orang lain.  Jangankan anak kecil, kita saja setiap ditanyakan mau jadi apa 3, 5, atau 10 tahun lagi, suka kalang kabut, apalagi anak kecil ditanya mau jadi apa 20 tahun lagi? Gila kan, mereka baru belajar mengenal dunia disuruh menerawang masa depan. Ingat, mereka bukan dukun.

Kita semua pernah kecil kok, kita semua tahu kalau dulu saat kecil pikiran kita cuma 1: main.  Dan main juga tidak sepenuhnya salah untuk anak usia seperti itu yang kenyataannya sekarang sering dipaksa menguras otak ikut les sana sini. Les bagus kok, asal tidak over dan waktu bermainnya terpenuhi.

Wah panjang juga openingnya, kembali ke topik ya, karena sekarang kita sudah dewasa, sudah tau seluk beluk dan kejamnya dunia kerja, mungkin pertanyaan: “Apa cita-cita saya?” sudah bisa diangkat dan sudah sangat pantas didengung-dengungkan. Kalau sudah merasa di jalan yang benar, selamat menikmati hidup dan kerjaan anda. Kalau belum, coba flashback dari masa kecil sampe sekarang dan tanya ke diri sendiri:

  1. Kegiatan apa ya yang saya senangi dari kecil hinga sekarang yang tidak berubah dan tidak pernah bosan dijalani? (hint: hobby)
  2. Saya dulu paling jago ngapain ya?
  3. Saya paling benci ngapain?

Jawaban saya:

  1. nonton discovery channel, maen badminton, gambar hewan, bercocok tanam, pelihara hewan
  2. mengarang
  3. disuruh maju depan kelas nyanyi

Kelihatan kalau sebenarnya karir idaman saya:

  1. Pembawa Acara Discovery Channel
  2. Atlit Badminton
  3. Illustrator
  4. Insinyur Pertanian
  5. Dokter Hewan
  6. Penulis
  7. Bukan Penyanyi

Bagaimana dengan Anda?

Kalau Anda bingung atau tidak punya ide dari 3 jawaban di atas. Bisa coba ikut kuis online untuk menentukan karir idaman.  Fun dan inspiratif. Saran karir dari kuis online setelah saya tes:

  1. Artist
  2. Accountant
  3. Architect
  4. Doctor

Agak-agak gimana, tapi sebenernya suka juga.

Ini tesnya :

  1. Tes Karir Idaman (Simple)
  2. Tes Karir Idaman (Complicated)

Atau kalau tidak suka ikut tes, maunya liat list semua karir terus pilih-pilih mana yang suka bisa coba ini : List Karir

Kalau sudah tau karir idaman, sekarang tinggal ada 2 pilihan:

  1. Ubah haluan jika tidak berada di jalan yang benar
  2. Tingkatkan kecepatan menuju puncak karir jika sudah di jalur karir idaman


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s