Sayuran Paling Sehat

Ada opini bahwa cara terbaik meningkatkan kesehatan adalah dengan memakan sayuran dan buah: segar, mentah, & organik (Raw Vegan). Teknik paling praktis adalah dengan membuat jus dari sayuran dan buah organik.

Kenapa harus organik?
Karena bebas pestisida, pupuk sintetis, dan rekayasa genetik yang digunakan untuk meningkatkan nilai jual suatu jenis sayuran dan buah. Efek jangka panjang mengkonsumsi pestisida tanpa kita sadari adalah Parkinson, penyakit saraf dengan gejala tangan gemetar dan berujung pada kesulitan mengendalikan gerakan tubuh.

Berikut adalah daftar sayuran dan buah non organik yang memiliki kadar pestisida tertinggi:

  1. Apel
  2. Seledri
  3. Stroberi
  4. Selada
  5. Anggur
  6. Pir
  7. Bayam
  8. Kentang

Bukan berarti sayuran dan buah di atas tidak sehat, hanya saja perlu waspada dalam membeli dan mengkonsumsi, usahakan beli yang organik. Sebelum dikonsumsi, cuci bersih di air mengalir dan untuk lebih aman, kupas kulit buah untuk menghindari sisa pestisida yang menempel.

Sebaliknya, berikut daftar sayuran dan buah dengan kadar pestisida terendah dan cenderung aman meskipun non organik, karena dibudidayakan secara konvensional:

  1. Brokoli
  2. Terong
  3. Kubis
  4. Pisang
  5. Mangga
  6. Nanas
  7. Alpukat
  8. Bawang

Kenapa harus segar?

Sayuran dan buah layu sudah kehilangan banyak nilai gizi. Alasan lain adalah sayuran segar mengandung biophotons. Biophotons adalah unit terkecil cahaya, yang disimpan, dan digunakan oleh semua organisme biologis.

Kenapa harus mentah?

Sayuran mentah masih memiliki enzim utuh, sementara sayuran yang telah dimasak akan kehilangan enzim-enzim yang tidak tahan panas. Sebagai contoh, madu akan lebih baik disuguhkan dengan air dingin daripada air panas, karena enzimnya masih utuh. Mungkin terdengar agak ekstrim, tapi makan sayuran mentah, termasuk tempe sedikit lebih sehat.

Apakah aman memakan sayuran mentah?
Selama dicuci bersih, seharusnya aman aman saja.

Bagaimana dengan bakteri yang menempel? Dengan memasak, banyak bakteri yang mati karena panas, betul kan?
Ya, betul. Tapi selama sistem ketahanan tubuh Anda dalam kondisi prima, tidak salah juga untuk melatihnya.

Makan sayuran mentah kan rasanya tidak enak dan suka bikin sakit perut?
Untuk tahap awal, hindari sayuran yang kurang atau tidak disukai. Tidak semua sayuran mentah membuat sakit perut. Jika sayuran mentah yang Anda makan membuat sakit perut, ada beberapa kemungkinan di antaranya sayuran belum bersih atau Anda memang tidak cocok dengan sayuran tersebut. Sama seperti susu, jika Anda terus-terusan sakit perut setiap kali sesudah minum susu, berhentilah menkonsumsi susu. Mau iklan bilang susu kaya kalsium, nutrisi, enzim, bla bla bla kalau Anda tersiksa, buat apa? Sakit perut itu pertanda bahwa tubuh Anda menolaknya. Untuk mencari asupan kalsium, nutrisi dan enzim masih banyak alternatif makanan yang cocok dengan tubuh Anda.

Sayuran Paling Sehat

Berikut adalah daftar sayuran dan buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi karena kandungan nutrisinya yang kaya dan baik untuk tubuh.

    1. Alpukat

      alpukat

      alpukat

    2. Brokoli

      brokoli

      brokoli

    3. Bayam
    4. Paprika
    5. Kembang Kol
    6. Seledri
    7. Kucai
    8. Sawi Putih
    9. Kubis
    10. Selada
    11. Bawang
    12. Tomat
    13. Timun


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s