Periksa Mata di Rumah Sakit

Di kantor saya, agar bisa reimburse kacamata (penggantian biaya pembuatan kacamata), perlu surat dan resep dokter.  Pendapat saya, sebenarnya surat dan resep dokter itu tidak perlu, karena sudah jelas selama ini saya memakai kacamata dan mata saya memang tidak normal (minus). Pergi ke dokter hanya untuk periksa mata (yang sebenarnya dapat dilakukan di optik secara gratis) hanya membuang-buang uang saja. Tapi ini hanya opini pribadi, mungkin saja dari pihak perusahaan tidak percaya kalau saya benar-benar sakit mata, atau hal lainnya yang saya tidak ketahui.

Untuk dapat surat dan resep dokter, salah satu alternatifnya adalah ke rumah sakit umum yang ada dokter spesialis mata. Di sini, biaya konsultasi lebih murah dibanding tempat yang memang khusus menangani masalah mata seperti Jakarta Eye Center atau Klinik Mata Nusantara.

Kemarin, saya periksa mata di rumah sakit Husada (di daerah Mangga Besar), sekali periksa kena biaya 150rb. Dan tebus obat (vitamin mata) sesuai yang diresepkan dokter, 87rb (optimax nama obatnya). Sebenarnya ada rumah sakit umum lain yang lebih murah biaya konsultasi dokternya, misalnya rumah sakit Sumber Waras (di daerah Grogol), di sana biaya periksa mata hanya 80rb, namun sayang kemarin dokter mata-nya sedang cuti dan tidak ada dokter ganti yang praktek hari itu.

Untuk daftar rumah sakit umum jakarta bisa dilihat di sini: http://www.mediasehat.com/daftarrs.php (pilih dulu propinsinya, lalu tekan tombol “go”)

Untuk lebih pasti, hubungi dulu rumah sakit tersebut untuk menanyakan apakah dokter matanya ada yang praktek di waktu yang kita harapkan.


2 Comments on “Periksa Mata di Rumah Sakit”

  1. nopan says:

    vitamin mata buat apa ya?

    • adearisandi says:

      Optimax: Suplemen untuk menjaga kesehatan fungsi mata. Membantu meningkatkan mikrosirkulasi retina.


Leave a Reply

