Telur Ayam

Manfaat Telur

Telur merupakan sumber protein, lemak, mineral, dan vitamin yang baik bagi tubuh. Telur sama sekali tidak mengandung karbohidrat dan vitamin C.

Kadar protein telur sekitar 14% (8 gram per butir). Kandungan asam amino proteinnya sangat lengkap. Kadar lipidanya terdiri dari trigliserida (lemak) dan fosfolipid (termasuk kolesterol). Telur mengandung vitamin B kompleks, serta vitamin A dan D (dalam kuning telur). Telur kaya fosfor dan besi, tetapi kandungan kalsiumnya rendah.

Telur Vs Daging

telur ayam

daging dan telur, sumber protein utama

Kadar air pada telur menyamai kadar air daging, yaitu sekitar 73%. Bila kita anggap nilai biologis telur sama dengan 100, maka nilai biologis daging (sapi) hanya mencapai 84. Satu butir telur berukuran sedang akan memberikan energi sekitar 80 kilokalori.

Telur Ayam Kampung Vs Telur Ayam Ras

gambar telur ayam

telur ayam, apapun warna kulitnya, kandungan gizinya sama saja.

Seringkali orang menganggap bahwa telur yang cangkangnya berwarna (kecoklatan) lebih bergizi dibandingkan dengan yang keputih-putihan. Hal ini tidak benar. Tidak ada hubungan antara warna kulit telur dengan nilai gizinya. Telur ayam kampung sama nilai gizinya dengan telur ayam ras, meskipun banyak orang yang lebih menyukai telur ayam kampung.

Telur Vs Bakteri

bakteri salmonella

bakteri salmonella, sering terdapat dalam telur yang kotor.

Salmonella adalah bakteri yang dapat menimbulkan keracunan (salmonella food poisoning), dengan gejala-gejala seperti mual-mual, muntah, sakit perut, sakit kepala, kedinginan, demam, dan diare. Bakteri ini dapat mengkontaminasi telur sewaktu masih dalam indung telur ayam, tetapi yang paling sering terjadi adalah setelah telur dikeluarkan, terutama apabila kebersihan kandang dan lingkungan kurang diperhatikan. Pencucian telur dapat mempertinggi resiko masuknya bakteri ke dalam telur, karena itu sebaiknya dipilih telur yang bersih (tidak terkena kotoran ayam). Efek negatif telur dapat dihindari dengan pemanasan hingga telur matang sempurna.

Telur Vs Bayi

bayi

bayi, sebaiknya tidak diberikan telur yang belum matang sempurna.

Telur mentah sebaiknya tidak diberikan pada bayi dan anak-anak, bahkan bagi anak yang berumur kurang dari satu tahun sebaiknya diberikan telur rebus, bukan telur setengah matang. Untuk menghindari terjadinya keracunan Salmonella, bila telur yang akan dikonsumsi dalam keadaan kotor lebih baik tidak dikonsumsi dalam keadaan mentah, walaupun telur itu ditujukan untuk orang dewasa.

Telur Vs Orang Tua

putih telur

orang tua, sebaiknya tidak mengkonsumsi telur berlebihan, terutama kuning telur yang banyak mengandung kolesterol

Masalah lain yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi telur bagi orang dewasa (terutama yang berumur 40 tahun atau lebih, atau yang mempunyai kecenderungan mengidap penyakit jantung koroner) adalah kandungan kolesterol yang terdapat dalam kuning telur.

Kadar kolesterol dalam kuning telur sekitar 250 mg per butir (dalam daging sapi sekitar 75 mg per 3 ons, dalam hati sekitar 370 mg/3 ons dan dalam otak sekitar 1700 mg/3 ons). Para ahli gizi menganjurkan agar orang dewasa hanya mengkonsumsi telur paling banyak 4 butir per minggu.

Telur Dadar Vs Telur Rebus Vs Telur Mata Sapi

telur setengah matang

telur setengah matang, nilai gizinya lebih baik dibanding jenis masakan telur lainnya.

Proses penggorengan akan menurunkan nilai gizi protein telur, meskipun relatif tidak banyak. Telur mata sapi nilai gizi proteinnya lebih rendah dari telur rebus, dan telur dadar lebih rendah lagi (apalagi yang berwarna kecoklatan). Dalam hubungan ini kita harus memilih apakah kita mengutamakan faktor rasa (telur yang digoreng kering lebih enak rasanya) atau faktor nilai gizi proteinnya.

Telur Vs Me

Olahan masakan telur paling enak (menurut saya) diurutkan dari rasa : telur dadar, telur setengah matang, telur mata sapi, telur asin, telur rebus.  Selama ini kalau bukan telur dadar, kurang semangat makannya. Tapi setelah sadar kalau penggorengan akan menurunkan nilai gizi protein telur, lain kali lebih pilih telur ½ matang. Sesudah mengerti kalau telur ayam kampung sama nilai gizinya dengan telur ayam ras, selanjutnya tidak harus telur ayam kampung yang dibikin setengah matang. Baru tahu kalau pencucian telur dapat mempertinggi resiko masuknya bakteri ke dalam telur, nantinya akan tetap tidak mencuci telor sebelum diolah.

Sekian. Semoga bermanfaat.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s