Hormon Testosteron

Apa itu testosteron?

Testosteron adalah hormon steroid dari kelompok androgen. Penghasil utama testosteron adalah testis pada pria dan ovari pada wanita, walaupun sejumlah kecil hormon ini juga dihasilkan oleh kelenjar adrenal. Hormon ini merupakan hormon seks utama pada pria dan merupakan steroid anabolik.

Apa itu steroid anabolik?

Steroid anabolik adalah hormon yang biasanya digunakan sebagai zat untuk membentuk otot. Binaragawan, dan semakin banyak pengunjung gym menggunakan steroid anabolik dalam siklus empat mingguan, untuk meningkatkan efek latihan mereka.

Pria dengan HIV-positif kadang-kadang diresepkan steroid anabolik atau terapi pengganti testosteron apabila tingkat testoteron alamiah mereka rendah atau bila mereka kehilangan banyak otot. Steroid dapat sangat beracun untuk hati, dan dapat juga menyebabkan jerawat, kebotakan pada laki-laki, masalah seksual dan pengecilan testikel. Perempuan yang menggunakan steroid anabolik dapat membentuk karakteristik laki-laki. Steroid yang dibeli di gym seringkali palsu atau terkontaminasi dan dapat sangat beracun bagi hati dan menyebabkan kerusakan syaraf.

Fungsi testosteron

Baik pada pria maupun wanita, testosteron memegang peranan penting bagi kesehatan. Fungsinya antara lain adalah meningkatkan libido, energi, fungsi kekebalan tubuh, dan perlindungan terhadap osteoporosis.

Secara rata-rata, pria dewasa menghasilkan testosteron sekitar dua puluh kali lebih banyak dari pada wanita dewasa. Hormon testosteron, berhubungan dengan kolesterol. Bila kadar kolesterol dalam darah rendah, maka testosteron pun rendah. Namun bila kolesterol tinggi, maka dengan sendirinya gairah seks pria meningkat.

Makanan testosteron

Telur burung puyuh dan cumi-cumi merupakan afrodisiak atau makanan pembangkit gairah seks & dapat meningkatkan kadar hormon testosteron pria dgn efek samping kadar kalori yang sangat tinggi.

gambar cumi bakar

Cumi dapat meningkatkan libido, testosteron, dan juga kolesterol

Ternyata, efek mengonsumsi telur burung puyuh secara rutin setiap hari tidak hanya membuat pusing, tapi bisa pula menyebabkan stroke bagi pria yang memiliki riwayat kolesterol tinggi.

gambar telur burung puyuh

Terlalu banyak mengkonsumsi telur puyuh dapat menyebabkan pusing dan stroke.

Hormon testosteron bukan satu-satunya hormon yang penting dalam tubuh manusia, tapi hormon itulah yang membuat pria tetap kuat, sehat dan memiliki hasrat seksual. Wanita pun memiliki hormon ini dalam tubuhnya tapi dalam kadar jumlah yang kecil.

Perilaku pria testosteron tinggi :

1. Jika seorang pria memiliki hormon testosteron 1000ng (nanograms)/dl atau lebih, pria tersebut akan kesulitan mengontrol hasrat seksualnya dan akibatnya adalah meningkatnya dorongan untuk selingkuh.

2. Pria bertestosteron tinggi cenderung tidak bahagia saat sendirian, dan lebih bahagia saat bersama orang banyak.

3. Pria bertestosteron tinggi cenderung lebih ambisius, penuh strategi dan terkadang lebih sukses dalam hidupnya. Itu karena hormon testosteron tinggi berhubungan dengan kemampuan otak kiri yang banyak memakai logika.

4. Pria dengan testosteron tinggi sangat baik dalam melindungi pasangan.

Perilaku pria testosteron rendah :

1. Seorang pria berusia 60 tahun yang memiliki hormon testosteron rendah mengaku beruntung tidak memiliki hormon tersebut dalam level tinggi.

Meski kedengarannya kurang jantan mengatakan hal ini, tapi saya merasa bahagia punya dorongan seksual yang rendah karena saya bisa berpikir jernih apa yang sebenarnya saya inginkan dalam hidup ini” tuturnya.

2. Pria bertestosteron rendah justru kurang bersosialisasi dan lebih senang menyendiri.

3. Pria dengan testosteron rendah sangat baik ketika menjalani perannya sebagai orang tua.

Profesi dengan testosteron tertinggi

Sebuah studi yang dipimpin Dr James McBride Dabbs, seorang profesor psikologi dari Georgia State University menyebutkan ada perbedaan perilaku dan pola hidup antara pria bertestosteron tinggi dan pria bertestosteron rendah. Dabbs dan rekannya mencoba melakukan analisa terhadap 2 tipe pria tersebut pada berbagai profesi, mulai dari dokter, pemain sepakbola, salesman, profesor, pendeta hingga aktor. Dari semua profesi tersebut, Dabbs menemukan bahwa profesi pendeta adalah profesi dengan hormon testosteron paling rendah sedangkan aktor adalah profesi dengan hormon testosteron tertinggi.

gambar aktor

Aktor, profesi dengan testosteron tertinggi

“Kebanyakan aktor bersikap ambisisus, memiliki hasrat seks tinggi dan mudah bersosialisasi sedangkan profesi menteri lebih banyak berjiwa sosial dan ingin menolong,” kata Dabbs.

Testosteron dan autisme

Studi terbaru bahkan menyebutkan bahwa hormon testosteron ada hubungannya dengan penyakit autisme. Bahkan ada peneliti yang menyebut autisme sebagai penyakit ‘otak pria ekstrim’ karena terjadi empat  kalilebih banyak pada pria daripada wanita. Jika ingin mendeteksi kelainan tersebut sejak dini, coba lihat saja jari manisnya yang lebih panjang dari jari telunjuknya atau dikenal dengan pola Cassanova.

gambar telapak tangan

Semakin panjang jari manis seseorang, semakin tinggi kadar testosteron yang dimilikinya.

Kesimpulannya, hormon testosteron yang terlalu tinggi atau terlalu rendah tidak baik bagi seorang pria. Setiap pria sudah terlahir secara genetik dengan jumlah testosteron yang sudah ditentukan, jadi menerima apa adanya akan lebih baik ketimbang menambah atau menguranginya.

Ciri-ciri pria yang memiliki kadar testosteron tinggi:

1. Tidak tumbuh rambut sebagian di daerah ubun-ubun kepala atau botak separuh.

2. Suara dalam yang terdengar berat dan nge-bass.

3. Banyak tumbuh bulu-bulu rambut di tubuhnya, terutama dada.

gambar bulu dada

Bulu dada, salah satu ciri pria dengan testosteron tinggi.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s