Jenis Daging Sapi

Steak adalah nama populer untuk potongan daging sapi yang dimasak, yang tentu saja sebutan ini berasal dari barat sana. Jenis daging sapi yang dipakai untuk membuat steak juga sangat beragam namanya. Apa itu Sirloin? Apa itu Tenderloin? Semuanya akan dijelaskan di sini.

Jika diterjemahkan dari bahasa inggris, ‘Loin’ berarti pinggang. Jadi baik Sirloin atau Tenderloin adalah sama-sama daging sapi bagian pinggang. Hanya saja ada sedikit perbedaan.

Tenderloin

Tenderloin atau juga dalam bahasa Perancis disebut Filet Mignon adalah daging sapi bagian pinggang (loin) yang paling lembut (tender). Tenderloin berbentuk memanjang seperti ular. Harganya cenderung lebih mahal dari jenis daging lain karena bagian ini lebih kecil dibanding jenis daging lainnya. (Lihat Gambar).

jenis daging sapi

jenis daging sapi

daging tenderloin

daging tenderloin

tenderloin steak

tenderloin steak

Sirloin

Sirloin adalah daging bagian belakang sapi yang bekerja lebih berat daripada bagian lain yg umum dipakai untuk steak sehingga agak lebih keras (serat lebih kasar, lebih alot setelah dimasak) dibandingkan jenis daging bagian lain. Sirloin memiliki kelebihan dalam ukuran, yaitu bisa dipotong lebih besar daripada bagian sapi lain yang lebih lembut. Harga Sirloin umumnya lebih murah dibandingkan daging steak lainnya.

daging sirloin

daging sirloin

sirloin steak

sirloin steak

T-Bone

T-Bone adalah daging sapi yang memiliki tulang berbentuk T yang dikelilingi oleh daging pada kedua sisinya. Pada sisi yang memiliki daging lebih sedikit adalah daging tenderloin dan di sisi lainnya yang memiliki daging lebih banyak adalah striploin/short loin.

daging t-bone

daging t-bone

t-bone steak

t-bone steak

Porterhouse

Porterhouse hampir sama dengan T-Bone. Perbedaannya, porterhouse memiliki kandungan daging tenderloin lebih banyak daripada striploin/short loin. Kasarnya, Porterhouse = T-Bone yang di flip horizontal. Porterhouse merupakan salah satu jenis daging steak termahal mahal dan terbaik yang tersedia.

daging porterhouse

daging porterhouse

porterhouse steak

porterhouse steak

Ribs

Ribs/tulang rusuk adalah daging sapi yg berasal dari bagian sekitar tulang rusuk. Steak rib disajikan bersama tulang rusuk. Jika tidak disajikan bersama tulang rusuk, maka namanya menjadi rib eye steak.

daging rib

daging rib

rib steak

rib steak

Cara memasak

  • Well done

    Steak yg dimasak well done tidak memiliki warna merah. Biasanya para penggemar steak tidak menginginkan steaknya dimasak well done. Suhu daging steak ketika selesai dimasak adalah sekitar 80 derajat celcius. Steak yang dimasak pada kondisi ini lebih keras daripada medium atau rare karena kandungan air di dalam steak akan lebih banyak menguap.

  • Medium

    Steak dimasak antara rare dan well done. Bagian tengah masih berwarna merah dan sisinya berwarna merah muda. Suhu daging ketika selesai dimasak adalah sekitar 70 derajat celcius.

  • Rare

    Steak rare sebagian besar masih berwarna merah. Suhu daging ketika selesai dimasak adalah sekitar 60 derajat celcius. Penggemar steak banyak yang menyukai steak jenis ini, karena lebih berair (juicy).

Resep
Resep masakan daging sapi (beef) ala barat bisa lihat di sini : foodnetwork.com

NB : Be a vegetarian!

About these ads


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.